Langsung ke konten utama
loading...

SPEEDLINE, Fenomena HYIP lokal yang MENGGILA

Kalau Anda pemburu dollar di Internet, pasti mengenal istilah HYIP yang merupakan singkatan dari “High Yields Investment Plan” yaitu sebuah perencanaan investasi dengan keuntungan (bonus) yang tinggi. Yang membuat menarik dari HYIP ini tentunya adalah keuntungan yang ditawarkan yang menurut saya sangat-sangat gila. Bayangkan, anda dapat menikmati keuntungan hingga 60 % dari nilai investasi. Luar biasa. Tidak perlu melakukan kerja atau aktifitas apapun, uang anda dapat berkembang biak diluar dugaan Anda. 

Namun dibalik penawaran keuntungan yang gila-gilaan tersebut, tentunya sikap kehati-hatian, kewaspadaan serta kejelian Anda sebagai investor adalah sikap yang utama ketika memutuskan menginvestasikan uang Anda dibisnis HYIP ini. Banyak fakta dan cerita tentang HYIP ini yang menunjukkan bahwasanya investasi di HYIP tidak semanis yang ditawarkannya. Banyak kisah yang menyakitkan dari HYIP ini karena pada faktanya, banyak HYIP yang tidak lebih merupakan penipuan. Mereka (pengelola HYIP) belum tentu benar-benar melakukan pemutaran uang para investor ke bisnis utama mereka seperti trading forex, valas atau securitas. Tidak jarang mereka hanya menerapkan skema ponzi yakni skema investasi dengan menarik investor baru untuk membayar return yang dijanjikan kepada investor lama. Dengan skema ini, tentunya berlaku prinsip “siapa yang dibelakang akan mati lebih dulu dibandingkan yang ada diawal”

Di beberapa situs-situs HYIP, umumnya pengelolanya berada diluar wilayah hukum Indonesia. Tidak heran, bagi para investor yang berasal dari Indonesia sangat sulit untuk memastikan kebenaran dari program HYIP yang ditawarkan. Umumnya mereka hanya berpotokan pada informasi yang disajikan situs-situs yang melakukan monitoring HYIP seperti where2invest.info, popularhyip.com dan lain sebagainya. Namun, lagi-lagi, kita belum tentu juga dapat menyakinkan informasi-informasi yang tersajikan di situs-situs tersebut karena ada kemungkinan si pengelola situs monitoring HYIP bekerjasama dengan si pengelola situs HYIP. Jadi, semua kembali pada sikap kita sendiri sebagai investor untuk lebih mengutamakan prinsip kehati-hatian. 

Di Indonesia, banyak pula situs-situs HYIP lokal yang berlomba-lomba mencari investor, sebut saja fxinvestama.com, kompasindex.com, iDRFinance.com dan banyak lagi. Semua menjanjikan keuntungan besar dalam kurun waktu yang cepat namun semuanya rata-rata tidak berumur panjang. Tidak sampai setahun, situs-situs tersebut langsung berguguran, hilang entah kemana dengan membawa kabur uang para investornya. Tidak heran, HYIP lokal memiliki reputasi yang buruk dimata para investor. Hal ini diperburuk lagi dengan tidak adanya situs-situs lokal maupun luar negeri yang melakukan monitoring atas sepak terjang HYIP lokal. Entah mungkin karena tidak mau kena imbas atas praktek nakal si pengelola HYIP lokal atau mungkin nilai investasi yang ditawarkan tidaklah besar seperti yang ditawarkan situs HYIP luar negeri atau mungkin juga pangsa pasar HYIP lokal memang sudah diwarnai para penipu sehingga sehebat apapun penawaran HYIP lokal tidak akan menarik perhatian para Investor. Banyak alasan yang tidak saya ketahui namun secara pastinya kita sudah maklumi bahwasanya HYIP memang penuh dengan trik-trik penipuan. 

Namun demikian, meskipun HYIP lokal banyak mencerminkan tindak penipuan, saat ini di Indonesia tengah menjadi fenomena tersendiri adanya HYIP lokal yang menggila yakni SPEEDLINE. Meskipun tampilan web/ situs SPEEDLINE tidaklah menunjukkan web yang profesional tetapi situs HYIP ini cukup mengejutkan karena setidaknya menurut alexa.com, dalam 3 bulan, secara global lalu lintas pengunjung situs SPEEDLINE menempati ranking 106.188 dengan 1,173 merupakan pengunjung yang berasal dari Indonesia yang setidak-tidaknya setiap pengunjung menghabiskan sekitar 4 menit per kunjungan ke situs ini. Luar biasa untuk ukuran web bisnis online yang memiliki tampilan paling kacau - paling berantakan dan yang paling lelet, menurut saya. 

Kenapa SPEEDLINE menjadi begitu menarik ? dari segi penawaran investasi yang ditawarkan sesungguhnya SPEEDLINE tidak jauh berbeda dengan penawaran yang dilakukan situs HYIP lokal lainnya. SPEEDLINE menawarkan investasi mulai dari Rp.150 ribu (15 $ dalam hitungan $) untuk paket investasi terkecil hingga Rp 7, 5 juta untuk paket investasi dengan keuntungan sebesar 3 %. Yang membuat menarik para investor adalah tawaran HYIP dari SPEEDLINE ini sangat terasa nyata karena secara berkala SPEEDLINE mengadakan pertemuan-pertemuan dengan para members-nya. Terakhir, SPEEDLINE mengadakan pertemuan besar-besaran dengan para members-nya di ONE World Hotel – Malaysia pada tanggal 23 September 2011 kemarin. Bandingkan dengan situs HYIP lokal yang lain, adakah mereka berani mengadakan pertemuan dengan para investornya ? sejauh ini (setidak-tidaknya sampai dengan artikel ini dimuat), saya belum pernah mendapatkan informasi adanya pengelola situs HYIP lokal yang mengadakan pertemuan dengan para investornya. 

Beralih kepada paket investasi yang ditawarkannya. Dalam konsep HYIP-nya, SPEEDLINE memang bisa dikatakan menggila karena berani menawarkan rentang waktu yang cukup singkat yakni hanya 100 hari. Dibandingkan situs HYIP lokal lainnya, rentang waktu investasi 100 hari yang ditawarkan SPEEDLINE cukup mengaburkan image-image skema ponzi yang kerap dilakukan situs-situs HYIP pada umumnya karena biasanya pengelola situs HYIP menawarkan rentang waktu investasi lebih dari 100 hari, bahkan ada yang 1 tahun (360 hari !!!). 

Cukup menarik kah untuk Anda berinvestasi di SPEEDLINE ? sabar dan tetaplah bersikap hati-hati. INGAT, apapun alasan Anda, bisnis HYIP tetap mengandung cerita yang pahit dan saya akan berusaha menyampaikan informasi tentang seputar HYIP yang ditawarkan SPEEDLINE kepada Anda secara proposional di blog saya ini … so, stay tune at ADVOKATKU 



Komentar

  1. Bagaimana sikap kita melihat fenomena itu??? sedangkan pemerintah lamban menanganinya... Sudah dari awal sejak saya tahu saya ingin membeberkan belang di speedline ini tapi apalah daya kalau yang berwenang seperti membiarkan saja, dan hanya sebagian kecil masyarakat yang peduli dengan penipuan ini karena mereka malah dicemooh di tentang di hujat dari para korban cuci otak itu.

    BalasHapus

Posting Komentar

Ini diperuntukkan untuk komentar/ tanggapan pembaca. TIDAK DIPERUNTUKKAN UNTUK MENGAJUKAN PERTANYAAN. Jika ingin bertanya, silahkan ajukan permasalahan ke advokatku@advokatku.web.id

Postingan populer dari blog ini

Kasasi, pengertian dan prosedurnya

Kasasi adalah pembatalan atas keputusan Pengadilan-pengadilan yang lain yang dilakukan pada tingkat peradilan terakhir dan dimana menetapkan perbuatan Pengadilan-pengadilan lain dan para hakim yang bertentangan dengan hukum, kecuali keputusan Pengadilan dalam perkara pidana yang mengandung pembebasan terdakwa dari segala tuduhan, hal ini sebagaimana ditentukan dalam Pasal 16 UU No. 1 Tahun 1950 jo. Pasal 244 UU No. 8 Tahun 1981 dan UU No. 14 Tahun 1985 jo. UU No. 5 Tahun 2004 tentang Perubahan atas Undang-Undang No. 14 Tahun 1985 tentang Mahkamah Agung.

Adapun cara pengajuan kasasi adalah sebagai berikut ;

Dalam hal perkara perdata, Permohonan kasasi disampaikan secara tertulis atau lisan melalui Panitera Pengadilan Tingkat Pertama yang telah memutus perkaranya, dalam tenggang waktu 14 (empat belas) hari sesudah putusan atau penetapan Pengadilan yang dimaksudkan diberitahukan kepada pemohon. Apabila tenggang waktu 14 (empat belas) hari tersebut telah lewat tanpa ada permohonan kasasi y…

Wanprestasi dan Perbuatan Melawan Hukum ... Apa Bedanya ?

Kerap ditemukan dalam suatu gugatan dimana Penggugat terlihat bingung membedakan antara posita Wanprestasi dengan posita perbuatan melawan hukum. Umumnya mereka beranggapan bahwa wanprestasi merukan bagian dari perbuatan melawan hukum (genus spesifik). Alasannya adalah, seorang debitur yang tidak memenuhi pembayaran hutang tepat waktu, jelas merupakan pelanggaran hak kreditur. Anggapan seperti ini sekilas benar adanya namun ketika akan dituangkan dalam bentuk gugatan tertulis, tidak boleh mencampur adukan antara keduanya karena akan menimbulkan kekeliruan posita yang pada akhirnya akan mengaburkan tujuan dari gugatan itu sendiri.

Ada beberapa perbedaan yang sangat prinsipil antara wanprestasi dengan perbuatan melawan hukum. Perbedaan prinsipil tersebut adalah :

1. Sumber;

Wanprestasi timbul dari persetujuan (agreement). Artinya untuk mendalilkan suatu subjek hukum telah wanprestasi, harus ada lebih dahulu perjanjian antara kedua belah pihak sebagaimana ditentukan dalam Pasal 1320 KUHPerd…

Antara Giro dan Cek

Pengertian Cek (cheque) :
“Surat perintah tanpa syarat dari nasabah kepada bank yang memelihara rekening giro nasabah tersebut, untuk membayar sejumlah uang kepada pihak yang disebut di dalamnya atau kepada pemegang cek tersebut”.
Syarat hukum dan penggunaan cek sebagai alat pembayaran giral (KUHDagang pasal 178) :
1. pada surat cek tertulis perkataan “CEK/CHEQUE” dan nomor seri
2. surat harus berisi perintah tak bersyarat untuk membayar sejumlah uang tertentu
3. nama bank yang harus membayar (tertarik)
4. jumlah dana dalam angka dan huruf
5. penyebutan tanggal dan tempat cek dikeluarkan
6. tanda tangan dan atau cap perusahaan.
Syarat lainnya yang dapat ditetapkan oleh bank :
􀂃 tersedianya dana
􀂃 adanya materai yang cukup
􀂃 jika ada coretan atau perubahan harus ditandatangani oleh si pemberi cek
􀂃 jumlah uang yang terbilang dan tersebut harus sama
􀂃 memperlihatkan masa kadaluarsa cek yaitu 70 hari setelah dikeluarkannya cek tersebut
􀂃 tanda tangan atau cap perusahaan harus sama dengan specimen…